8 Desember 2011

Gas Mulia ( VIII A )

Sifat – Sifat Unsur
Sifat-sifat unsur sangat ditentukan oleh konfigurasi elektronnya. Unsur-unsur dalam sistem periodic disusun menurut kenaikan nomor atom dan berdasarkan konfigurasi elektronnya. Unsur-unsur yang memiliki susunan elektron terluar sama memiliki sifat kimia yang sama dan dimasukkan dalam satu golongan, dan unsur-unsur yang memiliki jumlah kulit yang sama dimasukkan dalam satu periode. Oleh karena itu, pada bagian ini akan dibahas sifat-sifat unsur menurut golongan dan menurut periode. Sifat-sifat tersebut meliputi sifat fisis dan sifat kimia, seperti penampilan, kelarutan, titik didih, titik leleh, kekerasan, jari-jari atom, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya.

Gas Mulia
Unsur-unsur gas mulia dalam sistem periodik menempati golongan VIII A yang terdiri dari unsur Helium (He), Neon (Ne), Argon (Ar), Kripton (Kr), Xenon (Xe) dan Radon (Rn). Struktur elektron terluar gas mulia yang oktet (8) (kecuali helium duplet (2)) merupakan struktur yang paling stabil,
oleh karena itu gas mulia sukar bereaksi dengan unsur lain sehingga disebut gas inert (lamban

Pada tahun 1962 Neil Bartlett berhasil mensintesis senyawa gas mulia yaitu XePtF6. Dalam waktu yang singkat ahli kimia yang lain menunjukkan bahwa Xenon dapat bereaksi langsung dengan Fluor membentuk XeF2, XeF4, dan XeF6. Sejak saat itu istilah inert tidak lagi sesuai dan para ahli kimia mulai
menyebut dengan golongan gas mulia.

a. Sifat-sifat fisis
Sifat-sifat fisis gas mulia berubah secara periodik seperti terlihat pada
tabel berikut.

Tabel  Sifat-Sifat Fisis Gas Mulia

Sifat
Helium
Neon
Argon
Kripton
Xenon
Radon
Nomor Atom
2
10
18
36
54
86
Konfigurasi Elektron
1s2
1s22p2
3s23p6
4s24p6
5s25p6
6s26p6
Titik Cair(C)
-272,2
-248,6
-189,4
-157,2
-111,8
-71
Titik Didih
-268,9
-246,0
-185,9
-153,4
-108,1
-62


1) Wujud gas mulia
Unsur gas mulia terdapat sebagai gas tak berwarna yang monoatomik, ini erat kaitannya dengan struktur elektron oktet dan duplet dari gas mulia. Sedangkan wujud gas pada suhu kamar disebabkan titik cair dan titik didih gas mulia yang rendah.
2) Titik cair dan titik didih
Titik cair dan titik didih gas mulia meningkat dengan bertambahnya nomor atom. Hal ini disebabkan semakin bertambahnya gaya dispersi antar atom gas mulia sesuai bertambahnya massa atom relatif (Ar).
3) Kelarutan
Kelarutan gas mulia dalam air bertambah besar dari Helium (He) hingga Radon (Rn). Pada suhu 0 °C dalam 100 ml air terlarut 1 ml He, 6 ml Ar, dan 50 ml Rn.

b. Kegunaan Gas Mulia

1. Helium
Pembuatan : Telah dideteksi keberadaannya di bintang-bintang, . Helium merupakan elemen kedua terbanyak di alam semesta. Helium diproses dari gas alam, karena banyak gas alam yang mengandung gas helium. Ditemukan juga dari logam Uranium. Walau banyak terdapat dalam berbagai mineral radioaktif sebagai    produk-produk             radiasi,sebagian besar pasokan helium untuk Amerika Serikat terdapat di sumur-sumur minyak Texas, Oklahoma, dan Kansas. Di luar AS, pabrik ekstraksi helium hanya terdapat di Polandia, Rusia dan di India (data tahun 1984).

Sifat Helium :
·         Tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa
·         Susah bereaksi
·         Daya hantar listrik dan panas sangat tinggi
·         Tidak bisa didapatkan atmosfer biasa, harus 25atm
·         Bersumber dari alam dan gas-gas alam

Dampak Positif :
·         Sebagai tameng untuk mengelas.
·         Sebagai pendingin untuk reaktor nuklir.
·         Helium yang tidak reaktif digunakan sebagai pengganti nitrogen untuk membuat udara buatan untuk penyelaman dasar laut

Dampak Negatif :
·         Jika digunakan campuran nitrogen dan oksigen untuk membuat udara buatan, nitrogen yang terisap mudah terlarut dalam darah dan dapat menimbulkan halusinasi pada penyelam.
·         Ketika penyelam kembali ke permukaan, (tekanan atmosfer) gas nitrogen keluar dari darah dengan cepat. Terbentuknya gelembung gas dalam darah dapat menimbulkan rasa sakit atau kematian.


2. Neon
Menggunakan proses pemisahan udara (proses destilasi udara cair). Pada tahap awal, CO2 dan uap air dipisahkan terlebih dahulu. Kemudian udara diembunkan dengan memberikan tekanan 200 atm diikuti pendinginan cepat. Sebagian besar udara akan membentuk cair dengan kandungan Gas Mulia yang lebih banyak, yaitu 60% Gas Mulia (Ar, Kr, Xe) dan sisanya 30% O2 dan 10% N2.

Sifat Neon :
·         Tidak berwarna, berbau, dan berasa
·         Susah Bereaksi
·         Tidak dapat terbakar

Dampak Positif :
·         Untuk pengisi bola lampu di landasan pesawat terbang karena Ne menghasilkan cahaya terang dengan intensitas tinggi apabila dialiri arus listrik.
·         Neon cair digunakan sebagai zat pendingin.
·         Neon digunakan sebagai penangkal petir dan pengisi tabung-tabung televisi.

Dampak Negatif :
·         Keberadaannya di alam

3. Argon
Argon adalah unsur terbanyak pertama di udara bebas (udara kering) dan ketiga paling melimpah di alam semesta. Argon diproduksi dengan metode destilasi udara cair, sebuah proses yang memisahkan nitrogen cair yang bertitik didih 77,3 K dari Argon yang bertitik didih 87,3 K. Memiliki sifat tidak berwarna, berbau dan berasa serta tidak mudah terbakar. Keberadaannya 0,9%

Dampak Positif :
·         Pengisi bola lampu, karena Argon tidak bereaksi dengan filamen walaupun pada temperatur tinggi.
·         Argon digunakan dalam las titanium pada pembuatan pesawat terbang atau roket.
·         Pengisi tabung pemadam kebakaran

Dampak Negatif :
* Tidak dapat membentuk campuran kimia sejati
* Jumlah yang berlebihan menyebabkan keracunan pada tanaman

4. Kripton
Kripton merupakan unsur bukan logam yang ditemukan tahun1898. Kripton terdapat bersama-sama xenon dalam mata air mineral dan dapat diperoleh dari atmosfer. Memiliki sifat tidak berwarna, berbau dan berasa, tidak mudah terbakar. Kripton juga susah bereaksi kecuali dengan flour dalam keadaan tertentu

Dampak Positif :
·          Pengisi bola lampu blitz pada kamera.
·         Tabung pendar flour, laser, fotografi berkecepatan tinggi
·         Dicampurkan dengan Argon untuk mengisi lampu induksi

Dampak Positif :
·         Keberadaannya di alam

5. Xenon
Ditemukan pada tahun 1898 oleh Ramsay dan Travers dalam residu yang tersisa setelah menguapkan udara cair  Terdapat di atmosfer kita dengan kandungan satu bagian per dua puluh juta bagian atmosfer.
Unsur ini ditemukan dalam bentuk gas, yangdilepaskan dari mineral mata air tertentu, dan dihasilkan secara komersial dengan ekstraksi udara cair. Pembuatan Xenon diperoleh dari destilasi udara cair
Memiliki sifat tidak berbau berwarna dan berasa, tidak dapat terbakar dan tidak beracun

Dampak Positif :
·         Xenon biasa digunakan untuk  mengisi lampu blizt pada kamera.
·         Isotop-nya dapat digunakan sebagai reaktor nuklir.
·         Gas ini digunakan dalam pembuatan tabung elektron lampu stoboskopik (lampu neon yang berkedip dengan frekuensi tertentu)

Dampak Negatif :
·         Xenon tidak beracun tapi senyawanya sangat beracun karena sifat oksidatornya yang sangat kuat.
·         Keberadaannya di alam

6. Radon
Radon dapat di temukan di beberapa mata air dan mata air panas. Kota Misasa, Jepang, terkenal karena mata airnya yang kaya dengan radium yang menghasilkan radon.
Radon dibebaskan dari tanah secara alamiah, apalagi di kawasan bertanah di Granit.
Radon juga mungkin dapat berkumpul di ruang bawah tanah dan tempat tinggal (Namun ini juga bergantung bagaimana rumah itu di rawat dan ventilasinya)

Dampak Positif :
·         Radon terkadang digunakan oleh beberapa rumah sakit untuk kegunaan terapeutik.
·         Radon juga digunakan dalam pendidikan hidrologi, yang mengkaji interaksi antara air bawah tanah dan sungai  pengikatan radon dalam air sungai merupakan petunjuk bahwa terdapat sumber air bawah tanah.

Dampak Negatif :
·         Radon menghasilkan hasil peluruhan berbentuk padat, dan akibatnya, cenderung membentuk debu halus yang mudah memasuki jalur udara dan melekat permanen dalam jaringan paru-paru, menghasilkan paparan lokal yang parah
·         Radon dalam rumah menyebabkan kematian akibat kanker paru-paru

GAS MULIA





 























Oleh :
Afrin Dwimey
Della Dwi
Alfaris Putra
Donny S
Risky Amalia

2 komentar:

TUEF mengatakan...

thank you thank you...
makasih ya postingannya
menolong di detik deti terakhir....




kuota modem... :D

Anonim mengatakan...

cara agar blog kita bisa masuk di pecarian google, gimana caranya?

 

Blog Template by YummyLolly.com - RSS icons by ComingUpForAir